KEKUATAN SEDEKAH BISA BUAT BAHAGIA LOH

 


Tahukah Ayah Bunda Sahabat Dermawan, ternyata sedekah tak hanya bisa menambah pahala kebaikan dan melipatgandakan rezeki. Namun, sedekah juga bisa membuat kita bahagia. Pernahkah Ayah Bunda Sahabat merasa ikut gembira ketika melihat orang yang menerima sedekah kita tersenyum senang? Itulah nikmatnya bersedekah. Kita ikut berbahagia dengan kebahagiaan yang dirasakan orang lain.


Ayah Bunda Sahabat, sedekah tak hanya terpaku dalam bentuk uang saja. Kita bisa bersedekah dalam bentuk apa pun. Selama itu bermanfaat dan mengandung nilai kebaikan, maka bisa dikategorikan sebagai sedekah. Bahkan, ikut membantu menyebarkan sedekah orang lain pun termasuk sedekah. Ya, kita telah bersedekah tenaga. Masyallah!


Dengan bersedekah maka sebenarnya kita sedang menghapus dosa-dosa kita. Kita tahu bahwa manusia tidak akan luput dari yang namanya dosa. Maka, bersedekah bisa menjadi salah satu cara untuk menghapusnya. Itulah salah satu keutamaan dari sedekah yang sungguh luar biasa.


Allah Azza wa Jalla berfirman dalam surah At-Taubah ayat 103, “Dan sesungguhnya sedekah itu akan menghapus dosa-dosa.” Ya, itulah janji Allah Swt. kepada para hamba-Nya. Allah Swt. berjanji akan menghapus dosa hamba-Nya yang bersedekah dengan ikhlas hanya untuk meraih keridaan-Nya.


Apakah Sahabat ingin dihapus dosanya oleh Allah Swt.? Jika iya, bersedekahlah.


Korelasi Sedekah dengan Kebahagiaan


Ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Zurich di tahun 2016. Penelitian tersebut ingin mencari tahu bagaimana pengaruh perilaku baik hati terhadap kebahagiaan. Ternyata, hasil dari penelitian tersebut sungguh mencengangkan. Para peneliti menemukan fakta bahwa jika seseorang berbuat baik, maka bisa meningkatkan sinyal di otak yang diikuti dengan luapan kebahagiaan.


Menanggapi temuan penelitian tersebut, dr. Rio Aditya dari laman Klikdokter memberikan penjelasan tambahan. Menurutnya, terjadi peningkatan pada bagian otak striatum ventral dan korteks orbitofrontal dalam pemeriksaan FMRI (Functional Magnetic Resonance Imaging).


Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya sinyal kebahagiaan yang tercipta pada dua bagian otak tersebut. Dan sinyal kebahagiaan tersebut bisa muncul apabila memberi sedekah atau berbuat baik lainnya. Uniknya, sinyal kebahagiaan ini pun bisa turun drastis apabila pemiliknya melakukan keserakahan, pelit, atau berbuat egois. Masyaallah! Begitu luar biasanya otak ciptaan Allah Swt.


Temuan Ilmiah Lainnya


Dalam penelitian lainnya pun ditemukan fakta yang juga tak kalah mengejutkan. Ternyata, responden yang menggunakan uangnya untuk menolong orang lain akan memiliki tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dibanding responden yang menggunakan uangnya hanya untuk dirinya sendiri.


Selain itu, peneliti pun menemukan fakta menarik lainnya. Responden yang membuat komitmen secara lisan bahwa ia akan berbuat baik dan murah hati di masa yang akan datang, ternyata mampu mengaktifkan bagian tertentu di dalam otaknya dan membuat ia lebih bahagia.


 Hidup Bahagia dengan Sedekah


Ayah Bunda Sahabat Dermawan , jika merasa hidup datar-datar saja atau terkesan membosankan, maka cobalah bersedekah. Kita bisa bersedekah dengan cara yang bisa kita lakukan. Misalnya, jika kita memiliki kelebihan suatu ilmu tertentu, maka kita bisa bersedekah dengan ilmu. Jika kita memiliki keluasan waktu dan tenaga, maka kita bisa ikut berkontribusi dalam kerja bakti di wilayah tempat tinggal kita. Dan masih banyak lagi contoh lainnya. Bahkan, tersenyum tulus pun bisa menjadi sedekah.


Rasulullah saw. bersabda dalam hadis yang diriwayatkan oleh Iman Bukhari, “Seluruh perbuatan baik adalah sedekah." Jadi, banyak sekali peluang berbuat baik yang bisa kita lakukan dan menjadi sedekah berpahala bagi kita.


Sahabat pun bisa bersedekah melalui LAZ Al Abidin secara cepat dan praktis. Yuk kita bersedekah di mana pun dan kapan pun! Mumpung kita masih diberi usia, mari kita maksimalkan dengan menebar kebaikan kepada sesama, karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages