Sholat Khusyuk , emang bisa ?

 


Sholat khusyuk memiliki nilai yang sangat penting. Sholat merupakan amalan pertama yang akan dihisab oleh seorang hamba.

Namun, bagaimana jika kita masih terpikirkan hal lain saat sholat, meskipun sudah berusaha untuk sholat khusyuk?

Kekhusyukan tidak dapat diperoleh secara instan, melainkan melalui latihan dan proses yang berkelanjutan. Teruslah mengasah kekhusyukan dalam sholat dengan menyatukan hati dan pikiran, hingga menjadi kebiasaan yang terbentuk.

Carilah waktu dan tempat yang sepi, lalu sholatlah dua rakaat setiap harinya untuk melatih kekhusyukan. Orang yang khusyuk sungguh termasuk orang yang beruntung.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala:

"قَدْ اَفْلَحَ الْمُؤْمِنُوْنَ ۙ الَّذِيْنَ هُمْ فِيْ صَلٰوتِهِمْ خَاشِعُوْنَ" (Artinya, "Sungguh beruntung orang-orang yang beriman, yaitu orang yang khusyuk dalam shalatnya.")

Berikut tips agar sholat menjadi lebih khusyuk:

  1. 1. Tidak terburu-buru, mulai dari berwudhu. Berikan perhatian khusus saat berwudhu, mematuhi sunnah dan adab-adab wudhu, tanpa terburu-buru dan tanpa berbicara selama proses wudhu.

  2. 2. Tekadkan hati untuk melaksanakan sholat. Upayakan hati hadir dalam sholat dengan mencoba khusyuk dan mengingat Allah selama berwudhu.

  3. 3. Sholatlah seolah-olah sholat terakhir. Ingatlah kematian dan lepaskan ikatan-ikatan dunia saat sholat, menjadikan sholat lebih baik.

  4. 4. Hilangkan keraguan sebelum sholat dengan menjaga mata dan telinga, membaca ta’awudz dan surat An-Nas, serta menumbuhkan tekad yang kuat.

  5. 5. Berdoa kepada Allah SWT untuk mendapatkan khusyuk dalam sholat dengan doa, "اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الطُّمَأْنِيْنَةَ وَالْخُشُوْعَ اللَّهُمَّ ارْزُقْنَا الخُشُوْعَ فِي صَلاَاتِنَا" (Artinya, "Ya Allah, anugerahkanlah rasa ketenangan dan khusyuk dalam sholat kami.")

  6. 6. Bersikap tenang dalam sholat dengan menjaga tumaninah, yaitu menyempurnakan setiap gerakan sholat dengan tenang dan khusyuk.

  7. 7. Pahami makna dan bacaan sholat, serta usahakan untuk menyuarakan dengan baik. Tartil dan tadabbur makna akan membantu merasakan kekhusyukan di hati.

Keberuntungan dan ridho Allah terletak pada orang yang khusyuk dan menjaga sholatnya. Mereka akan menemukan ketenangan dan kemudahan dalam segala hal, serta bersyukur atas segala anugerah atau cobaan yang diberikan oleh Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages