SEDEKAH TANDA SYUKUR

 


Bersyukur merupakan keharusan setiap muslim. Syukur sendiri adalah bentuk terima kasih atas segala nikmat yang telah Allah Swt. limpahkan kepada kita. Alhamdulillah, hari ini kita masih bisa terbangun dengan kondisi tubuh yang sehat. Alhamdulillah mata kita masih bisa melihat. Alhamdulillah hidung kita masih bisa bernafas sebagai mestinya.

Dan seluruh organ tubuh kita pun masih bisa berfungsi dengan baik. Belum nikmat-nikmat yang lain. Alhamdulillah ada rumah untuk bernaung, alhamdulillah masih bisa makan dan minum, alhamdulillah masih bisa beribadah. Dan masih banyak lagi pemberian Allah Swt. yang tidak bisa kita tulis satu persatu saking banyaknya.

“Fa bi`ayyi ālā`i rabbikumā tukażżibān. Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?" (Q.S. Ar-Rahman: 13).

Sahabat, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mensyukuri pemberian dari Allah Swt. adalah dengan bersedekah. Sedekah ini banyak ragamnya, tergantung kemampuan dan keinginan kita. Kita bisa bersedekah dalam bentuk uang, bisa bersedekah dalam bentuk makanan, sedekah air bersih, sedekah pakaian layak pakai, sedekah ilmu, sedekah untuk pendidikan anak yatim piatu, atau sedekah untuk keperluan masjid. Sejatinya, seluruh kebaikan yang kita kerjakan adalah bentuk dari sedekah.

Dari Jabir r.a, dia berkata bahwa Rasulullah saw. pernah bersabda, “Setiap perbuatan yang baik adalah sedekah.” (H.R. Al-Bukhari).

Bersedekahlah Karena Banyak Manfaatnya

Sahabat, jangan sepelekan sedekah. Meskipun misal sedekah itu adalah hal yang sederhana dan mungkin nilainya kecil, akan tetapi manfaatnya sungguh luar biasa. Ketahuilah, bahwa Allah Swt. akan melipat gandakan pahala bersedekah itu. Sebagaimana seperti yang disampaikan Rasulullah saw. dalam hadits berikut ini:

“Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kanan-Nya, kemudian Allah SWT.  kembang biakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu diantara kalian mengembang biakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Masyaallah! Betapa luar biasanya sedekah. Mumpung masih ada kesempatan untuk bersedekah dan berbuat baik, maka jangan disia-siakan dan ditunda-tunda lagi. Mengingat hadirnya ajal tidak ada yang tahu kapan datangnya. Entah besok, pekan depan, bulan depan, tahun depan, atau bahkan hari ini. Wallohu’alam bishawab. Tidak ada yang mengetahui kapan datangnya ajal, kecuali hanya Allah Swt.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Ada seseorang yang datang kepada Nabi saw. dan bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin, dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata, “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hal si fulan (ahli warisnya).” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Jangan Tunda Bersedekah

Sahabat, yuk kita syukuri segala rezeki yang Allah Swt. berikan kepada kita dengan cara bersedekah! Sahabat bisa bersedekah melalui lembaga terpercaya seperti LAZ AL ABIDIN. Sahabat bisa pilih sendiri jenis sedekah yang Sahabat inginkan.

Cara bersedekahnya pun sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Yuk kita bersedekah! Jangan lupa klik link INI untuk pilih jenis sedekah yang Sahabat inginkan. Selamat bersedekah! Selamat berbuat baik!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages