MENGHITUNG HARI MENUJU RAMADAN 2024/1445H, BISMILLAH!


Ayah Bunda, Sahabat Dermawan LAZ Al Abidin,
Tak terasa beberapa saat lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan. Ramadan adalah bulan yang mulia yang di dalamnya segala amal kebaikan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt. Di bulan ini pula kaum muslimin akan menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh karena puasa merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam.


Sahabat Dermawan, menjelang Ramadan ada doa-doa yang bisa kita panjatkan. Doa-doa ini diajarkan oleh Rasulullah saw. dan dianjurkan untuk kita amalkan. Berikut doa-doanya:


1. Doa Agar Disampaikan pada Bulan Ramadan


Dari 'Ubadah bin Ash-Shamith r.a., dia berkata bahwa Rasulullah saw. mengajari para sahabat doa untuk menyambut bulan Ramadan. Begini doanya:


Allahumma salimni min ramadhana wa sallim ramadhana li wa tasallamhu minni mutaqabbalan.


Artinya: "Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadan. Sampaikanlah Ramadan kepadaku, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadan."

 


2. Doa Agar Disampaikan pada Bulan Ramadan, Diberi Semangat dalam Beribadah, dan Memohon Lailatul Qadar


Dari Abdul Aziz bin Abi Rawad r.a., dia berkata bahwa umat Islam bisa berdoa untuk menyambut Ramadan dengan doa berikut ini:

 

Allahumma adhalla syahru ramadhana wa hadhara, fa sallimhu li wa sallimni fihi wa tasallamhu minni. Allahummarzuqnii shiyamahu wa qiyamahu shabran wahtisaban, warzuqni fihil jadda wal ijtihada wal quwwata wan nasyatha, wa a'idzni fihi minassaamati wal fatrati wal kasali wan nu'asi, wawaffiqnii fihi li lailatil qadri waj'alha khairan min alfi syahrin.

 

Artinya: "Ya Allah, bulan Ramadan sudah membayangi dan datang. Maka, sampaikanlah (bulan) Ramadan kepadaku, dan sampaikanlah aku (dengan selamat) ke dalamnya, dan terimalah amal ibadahku (di bulan) Ramadan. Ya Allah, anugerahilah aku kesabaran dan niat ikhlas mengharap pahala dan rida-Mu atas puasaku dan salat malamku. (Ya Allah), anugerahilah aku di bulan Ramadan ini kesungguhan hati, ketekunan, kekuatan, dan semangat. (Ya Allah), lindungilah aku di bulan Ramadan ini dari kebosanan, lemah lesu, kemalasan, dan banyaknya kantuk. (Ya Allah), berikanlah aku taufiq agar aku mendapatkan lailatul qadar di bulan Ramadan ini, dan jadikanlah (pahala di malam itu) lebih baik dari seribu bulan."

 


3. Doa Agar Diampuni oleh Allah Swt.


Dari Abu 'Utsman An-Nahdi ia menceritakan bahwa ketika Ramadan datang, Aisyah bertanya kepada Nabi Saw., "Ya Rasulullah, Ramadan telah tiba, maka apa yang harus aku ucapkan?" Rasulullah saw. menjawab, "Ucapkanlah allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii.”

 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Memaafkan, mencintai maaf, maka maafkanlah diriku."


 

4. Doa Agar Dipertemukan dengan Ramadan dalam Keadaan Sehat


Allaahumma ahillahu 'alainaa bil amni wal iimaani was sa- laamati wal islaami wal 'aafiyatil mujallalati wa difaa'il asqaami wal 'auni 'alash-shalaati wash-shiyaami wa tilaawatil qur'aani. Allaahumma sallimnaa li-ramadhaana, wa sallamahu lanaa wa sallamahu minnaa hattaa yakhruju ramadhaana wa qad ghafarta lanaa wa rahmatunaa wa 'afawta 'annaa.

 

Artinya: "Ya Allah, pertemukan bulan ini dengan kami dalam keadaan aman, iman, keselamatan, Islam, sehat yang prima, kebal dari penyakit, dan pertolongan untuk salat, puasa, dan membaca Al-Qur'an. Ya Allah, serahkan kami pada Ramadan ini. Serahkan Ramadan pada kami. Selamatkan Ramadan dari kami. Hingga selesai bulan Ramadan sedang Engkau telah mengampuni kami, Engkau telah merahmati kami, dan Engkau memaafkan kami."



Itulah beberapa doa yang bisa kita panjatkan untuk menyambut bulan Ramadan yang sebentar lagi akan kita jumpai. Semoga bisa menjadi motivasi untuk kita amalkan setiap hari.


Tunaikan Infaq Terbaik Sahabat melalui LAZ Al Abidin dengan klik di bawah ini :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages